Ditulis Oleh :Siska Ratna Dianti, S.Kom
Membangun Indonesia melalui dunia
Pendidikan dengan Pembelajaran dalam Jaringan yang Efektif dan Menyenangkan
Lomba menulis di blog dengan bimbingan Bapak. Wijaya Kusumah, M.Pd
Perumahan Taman Palem
Kuning Talaga Bestari Kabupaten Tangerang
siskaratna1206@gmail.com
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi akan
sangat membantu memahamkan anak didik terhadap materi yang diajarkan dalam
proses pembelajaran. Teknologi yang dimanfaatkan tidak harus yang paling
mutakhir. Bisa disesuaikan dengan fasilitas yang ada di setiap satuan
pendidikan. Sehingga pendidik dapat memilih pembelajaran yang dianggap paling
tepat untuk memenuhi kebutuhan peserta didik.
Keterbatasan teknologi, tidak mampu menurunkan minat
belajar pendidik untuk memahami karakteristik peserta didik yang berkembang
sesuai dengan masanya. Oleh karena itu pendidik perlu meningkatkan kegiatan
belajar mengajar dengan mempelajari media berbasis tekhnologi. Teknologi
sebagai pelengkap dalam pembelajaran. Kita hanya perlu menjadikan peserta didik
kita mau mengeksplor, berpikir kreatif, solutif, dan semua sikap yang kita
harapkan akan membentuk sebuah karakter bagi mereka.
Menurut Iman dan Ali dalam jurnal “ Analisis Kebutuhan
Pembelajaran Berbasis ICT” mengemukakan faktor-faktor yang dibutuhkan dalam
pembelajaran berbasis ICT yaitu :
1) Kemampuan merancang pembelajaran berbasis online;
2) Pelaksanaan pelatihan guru;
3) Kemampuan menerapkan konsep pada situasi baru dengan cara yang berbeda;
4) Menjadikan sekolah sebagai organisasi belajar;
5) Sekolah mampu mengelola dalam merencanakan, mengorganisasikan,
pengkoordinasian dan supervisi;
6) Kemampuan untuk memecahkan permasalahan dengan langkah yang sistematis
dalam desain pembelajaran;
7) Kemampuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi produk.
Kelebihan tekhnologi
digital dimanfaatkan untuk berbagai bidang, termasuk pendidikan. Terutama untuk
meningkatkan produktivitas dan mengoptimalkan hasil. Sehingga terjadi revolusi
digital yang mempengaruhi cara pandang hingga proses pembelajaran. Bahkan
platform digital sosial media pun memberi dampak, dan dapat diimplementasikan
dalam pembelajaran.
Perkembangan
teknologi informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa
dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan yang berpotensi
revolusioner. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan
senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan
mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaan nya bagi dunia pendidikan
khususnya dalam proses pembelajaran. Dalam dunia pendidikan, bertujuan agar peserta
didik memahami secara umum, termasuk komputer (computer literate) dan memahami informasi (information literate), artinya siswa mengenal istilah-istilah
yang digunakan pada teknologi informasi dan komunikasi.
Teknologi informasi dalam pembelajaran memiliki pengaruh. Pengaruh
Teknologi selain membantu peserta didik dalam belajar juga memiliki peran yang
cukup bagi pendidik terutama dalam pemanfaatan fasilitas untuk kepentingan
memperkaya kemampuan mengajarnya.
Untuk menghadapi tantangan pendidikan masa depan, maka perlu dirumuskan
strategi dengan melibatkan teknologi digital dalam pembelajaran, dengan
beberapa analisa dibawah ini:
1.
Menghadirkan Platform Pendidikan kelas belajar digital yang
khusus dirancang dengan melibatkan pakar IT dan Pelatihan Guru TIK untuk
berkontribusi di sekolah tersebut mendapatkan pembinaan dan melakukan pelatihan
pengembangan video pembelajaran yang menarik, sesuai kurikulum, terhadap guru –
guru di lingkungan sekolahnya. Dan hal tersebut adalah salah satu wujud
transformasi digital. Platform pendidikan kelas belajar termasuk salah satu aplikasi
pendidikan yang dapat memberikan sinergi lingkungan belajar dan ruang untuk
berinteraksi antara guru dan peserta didik di seluruh nusantara.
2.
Lebih banyak belajar diluar ruangan kelas.
3.
Menanamkan karakter IT sejak dini.
4.
Membangun sarana literasi digital.
5.
Lebih banyak menstimulasi anak berfikir inovasi yang
terstruktur, untuk dapat menciptakan suatu terobosan yang inovatif, kreatif dan
teruji.
6.
Menerapkan pola pembelajaran STEM.
Kesimpulan untuk memperkaya inovasi pembelajaran perlunya membangun Pendidikan
kelas belajar digital yang merupakan platform belajar agar dapat diupayakan
pemerintah untuk menyediakan layanan media pembelajaran yang berkualitas.
Peserta didik menjadikan platform pendidikan sebagai upaya untuk meningkatkan
pengembangan dirinya sehingga sistem pembelajaran akan beralih menjadi berpusat
pada siswa. Pendidikan kelas belajar digital bersinergi dengan pendidik,
peserta didik, dan orang tua untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik,
adalah harapan kita semua untuk menciptakan generasi Indonesia yang unggul.
GURU SDIT Insan Madani Kab Tangerang
https://siskadianty.blogspot.com/2020/08/membangun-indonesia-melalui-dunia.html peserta lomba blog 107
ReplyDeleteterimakasih om jay
ReplyDelete